Wujudkan Sahabat Digital yang Bijak Bermedia Sosial

Senin, 4 Juni 2018 Mahasiswa KKN UM 2018 Desa Klampok, Singosari, Malang menyelenggarakan sebuah acara yang dikemas dengan nama ‘Penyuluhan Penyalahgunaan Informasi/Berita Hoax di Media Sosial’ di SMPN 02 Singosari, Malang. Kegiatan ini dilangsungkan dalam serangkaian agenda Ramadan di sekolah tersebut.

Penyuluhan ini berlangsung mulai pukul 09.30-11.00 WIB di Masjid SMPN 02 Singosari. Melibatkan sekitar 500 siswa sebagai peserta yang terdiri dari siswa Kelas VII A-H dan Kelas VIII A-H membuat acara semakin ramai.

“Acara penyuluhan seperti ini sangat perlu diselenggarakan untuk meminimalisir terjadinya penyebaran berita atau informasi hoax yang kini semakin rentan terjadi di Indonesia,” tutur Yayas Dwi Purnama, salah satu penanggung jawab program ini.

Kegiatan Penyuluhan Penyalahgunaan Informasi/Berita Hoax di Media Sosial tersebut telah direncanakan dan dipersiapkan mulai dua minggu sebelumnya. Tanggapan positif dari pihak sekolah terkait program tersebut juga memperkuat alasan Mahasiswa KKN UM 2018 Desa Klampok melaksanakan kegiatan ini di SMPN 02 Singosari.

“Materi yang akan dibahas dalam penyuluhan ini sangat sesuai dengan permasalahan yang terjadi saat ini terkait pemanfaatan Ilmu Tekonologi (IT) yang disalahgunakan dan juga tepat sasaran karena sesuai dengan perkembangan siswa SMP,” tegas Arif, penanggung jawab agenda Ramadan di sekolah.

Kegiatan ini dikemas semi formal seperti yang dikatakan oleh moderator saat penyuluhan.

“Kegiatan ini mari kita buat lebih fleksibel agar bisa sebagai wadah sharing terkait filterisasi informasi”, tutur Mifta.

Say no to HOAX ! Foto koleksi tim

Dalam serangkaian acara penyuluhan tersebut dilaksanakan kegiatan ice breaking sebagai peregangan otak sejenak agar para peserta tidak jenuh.

Adanya kegiatan ini diharapkan generasi muda di era milenial ini dapat bijak bermedia sosial dan menjadi sahabat digital yang cerdas dalam pemanfaatan IT (Information and Technology), khususnya para siswa SMPN 02 Singosari yang menjadi peserta dalam acara penyuluhan itu.

Penulis: Miftachul Jannah/ PGSD UM 2015

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *