Kegiatan KRPL bersama ibu-ibu PKK | Foto koleksi tim

Manfaatkan Lahan Pekarangan, KKN UM Gelar Program KRPL di Desa Olehsari

Pada Rabu, 25 Mei 2018 Mahasiswa KKN UM bekerja sama dengan ibu-ibu PKK Desa Olehsari, Glagah, Banyuwangi untuk membuat program besar di bidang pengabdian masyarakat berupa Pembuatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Menurut Kementerian Pertanian, pembuatan KRPL ini merupakan salah satu program untuk mengoptimalisasi lahan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga, diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal, pelestarian tanaman pangan untuk masa depan, serta peningkatan pendapatan yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

KRPL oleh Mahasiswa KKN Olehsari 2018 UM | Foto koleksi tim
KRPL oleh Mahasiswa KKN Olehsari 2018 UM | Foto koleksi tim

Kegiatan ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pola hidup sehat yang diwujudkan melalui pemanfaatan lahan pekarangan di Dusun Sukmoilang. Ibu kepala desa selaku ketua PKK menyatakan bahwa pemilihan dusun ini dikarenakan kondisi perekonomian masyarakatnya masih kurang jika dibandingkan dengan dusun lain yang ada di Desa Olehsari.

Akhmad Rizky, koordinator desa KKN UM Desa Olehsari mengaku sangat antusias untuk mengatur dan menjalankan program kerja ini.

“Melalui program kerja ini diharapkan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga yang nantinya akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Rizky.

Adanya program ini juga sangat didukung oleh ketua PKK.

“Program mahasiswa KKN UM ini dapat menunjang kesejahteraan masyarakat Desa Olehsari.  Kami akan memfasilitasi masyarakat dengan memberikan pelatihan pembuatan dan perawatan KRPL untuk keberlangsungan program ini,” ujar ketua PKK.

Penulis : Tim KKN Olehsari, Banyuwangi 2018 Universitas Negeri Malang

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *