OLEHSARI SPEKTAKULER | Foto koleksi tim

Mahasiswa KKN UM Banyuwangi Gagas Olehsari Spektakuler

Sabtu, 7 Juli 2018 mahasiswa KKN UM Pulang Kampung menggagas ide cemerlang mengenai acara akbar “Olehsari Spektakuler”. Acara ini sebenarnya merupakan acara penutupan sekaligus perpisahan mahasiswa KKN UM dengan masyarakat Desa Olehsari, Glagah, Banyuwangi yang bertempat di Lapangan Seblang Olehsari. Gagasan ini mendapatkan dukungan penuh dari karang taruna Rempeg Jogopati, pemerintah Desa Olehsari, serta Dinas Pariwisata Banyuwangi.

Adapun serangkaian acara dari “Olehsari Spektakuler” antara lain adalah Launching Kampung Selfie, disini masyarakat diwajibkan untuk membuat minimal satu spot selfie dengan tema “Budaya Banyuwangi” di setiap gang yang ada di Desa Olehsari yang nantinya akan dinilai oleh Dinas Lingkungan Hidup dan juga Mahasiswa KKN UM berdasarkan kriteria tertentu. Kemudian acara selanjutnya yaitu Seni Pertunjukan Drama dan Tari yang berkolaborasi dengan karang taruna bersama masyarakat serta Penyerahan Gerobak Baca kepada Hadi Pranoto selaku Kepala Desa Olehsari.

Masyarakat sangat antusias dengan adanya acara ini karena acara ini diadakan pada Hari Sabtu malam Minggu yang bertepatan dengan Festival Kuliner Bengi lan Lungguh Ngopi yang menjual makanan dan jajanan khas Banyuwangi. Menurut beberapa warga, acara ini dianggap sangat menguntungkan untuk masyarakat khususnya yang bermata pencaharian sebagai pedagang.

“Olehsari Spektakuler ini adalah acara yang kami buat sebagai perpisahan mahasiswa KKN UM dengan warga sekaligus tanda terima kasih kami kepada masyarakat Desa Olehsari yang telah menyambut baik kedatangan kami,” ujar Wahyu Pribadi, Ketua Pelaksana Olehsari Spektakuler.

Sesuai dengan namanya “Olehsari Spektakuler”, acara ini benar-benar spektakuler karena dapat mendatangkan ratusan bahkan ribuan masyarakat lokal maupun mancanegara. Penonton hening seakan terhipnotis ketika seni pertunjukan drama dan tari berlangsung.

“Saya sangat senang dengan diadakannya acara Olehsari Spektakuler ini karena  jarang sekali ada pertunjukan drama tari seperti ini di Desa kami,” ujar salah satu penonton.

Melihat antusias masyarakat terhadap “Olehsari Spektakuler” yang sedemikian rupa, kepala desa Olehsari menyambut dengan baik.

“Kami akan melanjutkan acara ini dan akan mengusahakannya untuk dijadikan sebuah festival yang rutin diadakan satu bulan sekali di Desa Adat Seblang Olehsari,” ujar Bapak Hadi Pranoto.

 

Penulis : Yulita Reni Wijayanti

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *