Reading corner tim KKN UM | Foto koleksi tim

KKN Balesari UM 2018 Adakan Gerakan Perpustakaan Keliling dan Pojok Baca Untuk Peningkatan Minat Baca Masyarakat

Buku merupakan gudang ilmu, hampir semua ilmu ada pada buku. Hal yang dapat dilakukan untuk mengambil ilmu tersebut dengan cara membaca. Membaca adalah salah satu cara untuk mendapatkan suatu kesan dan pesan pada suatu bahasa yang dituliskan. Oleh karena itu kita dituntut untuk membaca agar ilmu pengetahuan kita bisa bertambah.

Salah satu program KKN UM 2018 yang berkaitan dengan hal tersebut adalah pengaktifan Perpustakaan Keliling dan Pojok Baca yang terletak di Desa Balesari Ngajum, Malang. Tujuannya untuk meningkatkan minat baca masyarakat.
Pada Perpustakaan Keliling bisa menampung buku-buku dilengkapi dengan 10 kursi, 1 payung, dan 1 buah meja.

Dalam hal ini program yang dijalankan dengan mengisi buku terbaru agar sesuai dengan perkembangan terkini. Selanjutnya dengan mengunjungi sekolah – sekolah yang ada pada Desa Balesari yaitu SDN 1 Balesari dan MI Al-Huda dengan mewajibkan setiap siswa untuk membaca buku agar mendongkrak pelajar agar memiliki kebiasaan gemar membaca.

Antusias dari siswa dan masyarakat sangat tinggi akan adanya perpustakaan keliling. Juga Pojok Baca yang baru dibentuk di dua tempat yaitu Dusun Jambuwer dan Keraton Gunung Kawi yang memberikan inovasi dalam membaca dari segi tempat dan suasana yang berbeda dari perpustakaan pada umumnya.

“Sangat bagus dengan adanya perpustakaan keliling ini sangat membantu meningkatkan minat baca dari siswa dan harapan saya agar lebih ditingkatkan lagi dari segi koleksi buku dan pelayanannya,” tanggapan dari Farhan, guru MI Al-Huda.

Sebagai tambahan, perpustakaan di Desa Balesari berhasil menjadi salah satu perpustakaan yang ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten Malang menjadi pemateri pada acara perpustakaan nasional yang dilaksanakan di Yogyakarta pada 5-6 Juli 2018.

 

Penulis : Syaifuddin Farizi (Mahasiswa KKN Balesari 2018 UM)

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *