Cara hidup hemat, bisa dicoba!

Hidup hemat adalah kebiasaan positif yang harus dikembangkan, terutama jika anda memiliki berbagai rencana di masa depan yang memerlukan uang ekstra.  Selain itu, dengan terbiasa hidup hemat, kita akan memiliki tabungan yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan mendesak.

Dalam kesempatan ini, kami akan memberikan sepuluh cara ampuh untuk hidup hemat.  Cara-cara ini kami kutip dari berbagai majalah finansial, seperti Business Today dan Telegraph.  Semoga metode ini bisa berguna bagi anda.

1. Buat rencana pengeluaran bulanan

Langkah pertama untuk hidup hemat adalah dengan membuat rencana pengeluaran bulanan.  Tulislah secara detail biaya-biaya yang anda keluarkan setiap bulannya, mulai dari biaya tetap yang wajib dibayarkan (sewa rumah, uang kuliah, transportasi, dan sebagainya) hingga biaya-biaya kecil dan tidak terduga.  Usahakan untuk secara detail memperkirakan uang yang harus anda keluarkan, contohnya untuk peralatan mandi, bumbu-bumbu masak, alat-alat kebersihan, dan lain-lain.  Buat anggaran maksimal untuk tiap-tiap kategori pengeluaran, dan berusahalah semaksimal mungkin untuk tidak melebihi anggaran yang dibuat.  Jika anda bisa mengeluarkan uang lebih sedikit dari yang dianggarkan, maka hal ini akan jauh lebih bagus.

2. Gunakan jasa prabayar untuk telepon seluler dan koneksi internet

Jika anda ingin menabung dan mengembangk

an pola hidup hemat, hindari menggunakan kartu pascabayar untuk telepon genggam anda, ataupun koneksi internet yang perhitungan pemakaiannya dihitung belakangan.  Hal ini sangat berguna untuk mencegah pulsa yang meledak karena penggunaan yang berlebih dan membuat anda harus mengeluarkan uang ekstra.

Buat juga anggaran yang ketat untuk uang pulsa.  Biaya ini walaupun kecil namun sangat sering berakhir melebihi anggaran yang ditetapkan.  Cobalah untuk mengurangi SMS atau telepon, di mana anda bisa menggunakan jasa-jasa pengiriman pesan gratis seperti WhatsApp atau YM.

3. Berbelanja online

Berbelanja online sangat membantu anda menyimpan uang, dengan catatan toko online yang anda pilih memiliki jasa untuk mengantar barang hingga ke rumah anda.  Walaupun mungkin sedikit lebih mahal, namun berbelanja online bisa membuat anda menghemat waktu, tenaga, dan anda juga tidak tergoda untuk memilih barang-barang lain selama berbelanja.

Yang  terpenting, pastikan anda membaca dengan baik persyaratan dan persetujuan toko online tersebut.  Adakah ongkos tambahan?  Adakah biaya pengiriman?  Berapa biaya ekstra yang diminta untuk transaksi dengan kartu kredit?  Adakah diskon dan promosi untuk produk yang akan anda beli?  Pastikan semua hal ini anda cermati dengan baik.

4. Jika pergi ke toko, selalu bawa daftar belanja

Jika anda berniat pergi ke toko dan mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar, cobalah untuk selalu membuat daftar belanjaan dan membawanya ketika anda berbelanja.  Akan lebih baik jika daftar belanja tersebut dilengkapi dengan budget atau jumlah uang maksimal yang harus dikeluarkan untuk membeli suatu barang.

5. Cari hiburan murah

Hiburan adalah sesuatu yang penting, namun anda harus berhati-hati karena sektor ini yang paling bisa menghambat anda untuk bisa hidup hemat.  Cobalah untuk mencari hiburan murah yang tetap asyik dan bisa anda nikmati bersama teman-teman anda.  Contohnya, anda bisa memilih untuk membeli DVD  dan menontonnya di rumah daripada pergi ke bioskop.  Atau anda juga bisa mengadakan pesta di rumah sebagai pengganti pesta di restoran, klub, atau bar.

Satu hal yang harus diingat, anda memang harus hidup hemat, namun jangan mengekang diri anda terlalu ekstrim.  Sekali-kali, anda boleh memanjakan diri anda dengan hiburan mewah, jika memang pengeluaran anda di akhir bulan masih belum melebihi anggaran yang ditentukan.

6. Memasak

Walaupun terkesan remeh, memasak sangat membantu anda dalam berhemat.  Secara logika, kita pasti sudah bisa memperkirakan bahwa bahan-bahan masakan jauh lebih murah daripada membeli makanan jadi di restoran.  Tentu saja, untuk memasak anda harus meluangkan waktu dan tenaga ekstra.  Namun melihat nilai gizi yang lebih baik dan jumlah uang yang bisa dihemat, rasanya metode ini perlu untuk dicoba.

Jika anda tidak mempunyai banyak waktu, belajarlah untuk membuat makanan-makanan yang praktis dan mudah dimasak.  Contohnya bisa dilihat di resep praktis sarapan pagi yang pernah kami tulis beberapa waktu yang lalu.  Satu lagi, hindari makanan instan setiap kali memasak, demi kesehatan anda sendiri.

7. Usahakan untuk tidak berhutang

Prinsip ini perlu ditanamkan baik-baik, terutama jika anda ingin menabung dan menyimpan banyak uang di masa depan.  Sebisa mungkin, jangan berhutang kecuali hal itu benar-benar bisa mempengaruhi kelangsungan hidup anda.  Hidup sederhana tanpa hutang jauh lebih baik daripada bermewah-mewahan tapi memiliki hutang yang menumpuk.

Jika anda terpaksa berhutang, catat hutang-hutang tersebut dengan teliti, lengkap dengan tanggal di mana anda harus membayarnya.  Cobalah sisihkan pengeluaran harian, mingguan, atau bulanan untuk membayar hutang-hutang tersebut secepatnya.  Semakin cepat anda melunasi hutang, semakin baik bagi kesehatan finansial anda.

8. Beli stok bahan makanan dalam jangka panjang

Hindari membeli bahan makanan secara eceran, karena perbedaan harganya bisa cukup besar.  Ketika anda mendapat uang gajian, langsung belanjakan (tentu saja sesuai anggaran) untuk membeli bahan-bahan pokok seperti beras, teh, gula, tepung, sayur-sayuran, minyak, dan bahan-bahan lain sejenis.  Berbelanjalah juga di toko grosir yang menjual dengan harga paling murah.

Metode ini walau terkesan merepotkan, namun sebenarnya cukup efektif karena nantinya anda tidak perlu bolak-balik ke warung untuk membeli bahan-bahan di atas.  Selain itu, jumlah uang yang bisa ditabung pun juga jauh lebih banyak.

9. Bersepeda, jalan kaki, atau gunakan transportasi umum

Tak bisa disangkal, jika anda memiliki kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, anda harus mengeluarkan biaya ekstra untuk bensin dan perawatan.  Mengingat harga bahan bakar minyak yang sangat tinggi, cobalah untuk menghindari semaksimal mungkin penggunaan transportasi pribadi, di luar keperluan harian rutin anda semisal saat bekerja atau bersekolah.

Bahkan jika mungkin, tentukanlah satu atau dua hari dalam seminggu di mana anda berangkat kerja dengan transportasi umum, sepeda, atau berjalan kaki.  Selain lebih hemat dan sehat, anda pun jadi memiliki peran dalam mengurangi polusi serta kemacetan.

10. Disiplin

Poin terpenting dalam cara hidup hemat adalah kedisiplinan.  Seberapa bagus pun rencana anggaran yang sudah dibuat, apabila tidak ditunjang oleh kedisiplinan maka usaha yang anda lakukan akan sia-sia.  Kedisiplinan ini menyangkut kemampuan untuk mengontrol diri sendiri untuk menabung, untuk tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan, untuk tidak terlalu banyak jajan dan main, serta masih banyak lagi.

Carilah motivasi tertentu yang bisa membuat anda tetap disiplin.  Walaupun pada awalnya terdengar sulit, namun jika sudah terbiasa, maka sikap disiplin untuk mengembangkan pola hidup hemat akan menjadi bagian dari diri anda.

Artikel : http://www.top10indo.com/2013/09/10-cara-hidup-hemat.html

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *