Mitigasi Bencana oleh KKN Situbondo 2018 UM

Atasi Bencana, Siswa SD Lakukan Simulasi Mitigasi Bencana

Bagi banyak orang, bencana merupakan sesuatu yang menakutkan. Namun, bencana menjadi hal yang tidak begitu menakutkan kalau sudah tahu cara mengatasinya. Kita bisa mulai belajar mengatasinya sejak dini. Daerah Wonorejo, Kebangsaan, Situbondo ini merupakan daerah yang dekat dengan pantai sehingga memungkinkan terjadinya bencana banjir dan gempa bumi yang berasal dari dasar laut maupun daratan. Oleh karena itu, pada Kamis, 24 Mei 2018 mahasiswa KKN UM memberikan materi mitigasi bencana kepada siswa SDN 1 Wonorejo dengan menggunakan media leaflet dan video pembelajaran.

Materi mitigasi bencana disampaikan dengan praktik atau simulasi. Hal ini dilakukan supaya sejak dini supaya siswa tahu apa yang harus dilakukan ketika bencana melanda. Simulasi pun dimulai dengan menyanyikan lagu anak-anak yang diganti liriknya,

Kalau ada gempa, lindungi kepala

Kalau ada gempa, jauhilah kaca

Kalau ada gempa, bersiaplah antri

Kalau ada gempa, lari ke lapangan

Lagu tersebut diajarkan untuk mempermudah siswa kelas 6 dalam memahami apa yang harus dilakukan kalau gempa melanda. Simulasi berlangsung dengan ceria. Ada yang bersembunyi di bawah meja, ada yang bersembunyi dengan mencari pojok ruangan, dan ada yang berlari ke lapangan. Banyak yang memilih bersembunyi di bawah meja saat simulasi dengan alasan untuk mengindari reruntuhan bangunan saat gempa melanda. Melihat tingkah laku adik-adik SD itu membuat kakak-kakak KKN UM jingkrak-jingkrak mengingat masa-masa ketika mereka belajar di tingat Sekolah Dasar.

Kakak-kakak KKN UM tercengang ketika melihat keantusiasan siswa dalam menerima materi teutama saat simulasi dilakukan.

“Kak, besok kesini lagi kan?” tanya Asila salah seorang siswa yang paling aktif di kelas. Mereka sangat antusias menyambut kehadiran kakak-kakak KKN UM bahkan menginginkan kakak-kakak KKN UM kembali mengisi agenda di sekolahnya.

Pelajaran yang dapat dipetik adalah perlu belajar sejak dini untuk selalu siap kapanpun dan dimanapun akan terjadinya sesuatu yang tidak terduga seperti bencana.

 

Penulis : Endah Dwi Mawarti (Mahasiswa KKN Situbondo 2018 UM)

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *